Politisi Gerindra Azmi Sitorus,Lahan pertanian Harus Dapat Dimanfaatkan Untuk Kemakmuran Rakyat

51

Sergai,sinarpagiindonesia.com – Politisi Gerindra Sumut H Azmi Yuli Sitorus melaksanakan Sosialisasi Perda nomor 3 Tahun 2015 Tentang Perlindungan Lahan Pertanian Berkelanjutan dengan masyarakat se Kecamatan Sei Bamban bertempat di Dusun 15 Kampung Jati Desa Sei Bamban Sergai pada Sabtu (4/12).

Hadir Kepala Bagian (Kabag) Perencanaan Program dan Keuangan Dinas Pertanian Sumut Ir Fachri (selaku narasumber), Kepala Desa Sei Bamban Fadli Lubis, Kordinator Kecamatan (Korcam) Tim AYS Kecamatan Sei Bamban Bilher Marpaung, AYS Kabupaten Yudi Purba dan Junaidi.

Dihadapan kelompok tani, anggota DPRD Sumut Azmi Yuli menjelaskan bahwa Perda tersebut pada prinsipnya merupakan produk hukum didalam lahan pertanian tanaman pangan, yang menjadi sumber daya alam yang harus dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

lanjut Azmi, dalam hal itu pemerintah daerah bertanggung jawab melindungi lahan pertanian tanaman pangan dalam rangka menjamin ketersediaan pangan bagi masyarakat secara berkelanjutan.

“Dengan Perda tersebut, maka ada sebuah kebijakan yang dapat mencegah berkurangnya tanaman pangan. Menjamin pelaksanaan secara terencana, terpadu, terkoordinasi agar berdaya guna dan berhasil guna,”sebut anggota Komisi D DPRD Sumut ini.

Azmi menjelaskan, bahwa Perda nomor 3 Tahun 2015 menjadi salahsatu Perda yang dilahirkan DPRD Sumut dari hasil kesepakatan bersama Pemerintah Propinsi Sumatera. Ada sebanyak 214 Perda yang telah disahkan mulai DPRD terdahulu hingga sekarang.

“Dari sebanyak 214 Perda, Saya fokus pada 4 Perda, satu diantaranya Perda No. 3 Tahun 2015 Tentang Perlindungan Lahan Pertanian Berkelanjutan,”paparnya.

Sei Bamban, menurutnya salah satu kecamatan yang memiliki lahan pertanian yang luas. Ini sejalan dengan fokus kegiatan Tahun 2022 untuk melakukan pembenahan infrastruktur pertanian di Sumatera Utara.

Sebelumnya Korcam AYS Sei Bamban Bilher Marpaung menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran Anggota DPRD Sumut H Azmi Yuli Sitorus yang telah hadir ditengah-tengah kelompok tani.

“Kehadiran beliau ini membuktikannya perduli kepada masyarakat. Karena kehadirannya bukan sebagai Partai Gerindra tetapi sudah milik kita semua,”jelasnya.

Sementara itu, Narasumber Kabag Perencanaan Program dan Keuangan Dinas Pertanian Sumut Ir Fachri menegaskan pentingnya melakukan perlindungan lahan pertanian sebagaimana Perda nomor 3 Tahun 2015. Mengingat lahan pertanian kita setiap tahunnya mengalami penyusutan 2 sampai 5 persen.

“Untuk penanggulangannya, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara setiap tahunnya memberikan bantuan bibit padi, bibit bawang, bibit cabai, dan bibit jagung”, tandasnya. (spi/imuh)