Poltekes Kemenkes Pontianak Buka Ruang Sentra Vaksinasi Untuk Layani Masyarakat Kalbar

56

Pontianak, www.sinarpagiindonesia.com – Kantor Poltekes Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Pontianak membuka ruang khusus sebagai sentra vaksinasi untuk masyarakat umum dimana saja berada, terutama masyarakat Kalimantan Barat.

“Kegiatan yang sudah berlangsung sejak bulan Juli ini berlangsung setiap hari Selasa dan Kamis mulai pukul 08.00 Wib sampai pukul 12.00 Wib “, ungkap Humas Poltekes Dahliansyah, SKM. M.Gizi kepada media ini, Selasa (12/10) di kantor Poltekes Kemenkes Jalan 28 Oktober Pontianak.

Dahliansyah saat diwawancarai didampingi dr.Nyi Rd Yessi Saptawati bagian Klinik dan Iffah Kurniyawati, S.Tr.Kep, bagian perawat.

Menurut Dahliansyah, dengan adanya ruang sentra vaksin, Poltekes Kemenkes Pontianak, telah ikut serta memberikan kontribusi dalam menggalakkan vaksinasi secara nasional. “Kita membantu pemerintah terkait pencapaian vaksinasi kepada masyarakat”, ujarnya.

Dahliansyah mengatakan, sentra vaksin di Poltekes ini tidak berbasis sesuai alamat di KTP, tapi sebaliknya, dimanapun mereka berada asal bawa KTP untuk divaksinasi tetap dilayani.

“Misalnya vaksin pertama di tempat lain, kemudian vaksin kedua mau di sentra vaksin di Poltekes Pontianak, akan kami layani”, ujarnya sambil menambahkan di Poltekes disediakan vaksin jenis Sinovac.

Sementara itu, Iffah, bagian perawat Poltekes Pontianak, menambahkan serbuan vaksin oleh masyarakat akan diantisipasi dengan penambahan stok vaksin.

Iffah juga mengatakan pada Juli lalu vaksin yang datang sebanyak 2.500 dosis setiap dua minggu. “Kemudian September datang lagi sebanyak 4.400 dosis vaksin, namun yang terserap baru 1000 dosis vaksin”, ujar Iffah.

“Kami belum berani menambah dosis vaksin, karena yang tersisa harus di habiskan dulu sampai bulan Desember yang akan datang, karena di mana mana sudah ada serbuan vaksin “, jelasnya.

“Ada juga beberapa peserta yang akan divaksin ditunda, karena gangguan kesehatan seperti tekanan darah tinggi, ada penyakit kanker atau asma”, ujar dokter Yessi menimpali

“Tapi kalau asma lihat tingkat kegawatan, kalau parah, vaksinnya kami tunda dulu, tapi kalau hasil pemeriksaan dokter tak apa apa, akan dilanjut dengan suntikan vaksin”, tambah Yessy lagi.

Lebih lanjut Dahliansyah mengatakan bagi masyarakat Kalbar yang berminat untuk divaksin di sentra pelayananan vaksinasi Poltekes Kemenkes Pontianak dapat mendaftar secara online ke http://bit.ly/vaksincov19polkespon . (spi/dng)