Sinergitas dan Solidaritas TNI – Polri Dalam Rangka Penyemprotan Disinfektan Pencegahan Virus Covid 19

285

Kotabaru,sinarpagiindonesia.com – Satgas Gugus Kodim 1004/ktb menggelar kegiatan penyemprotan disinfektan pencegahan Virus Covid-19, yang dipimpin langsung oleh Kasdim 1004/ktb, Kamis 26/03/20.

Dandim 1004/ktb Letkol Inf Rony Fitriyanto mengatakan, dalam rangka penyemprotan disinfektan pencegahan virus Covid-19. yang disampaikan oleh Kasdim 1004/ktb Mayor Inf Samsul Kusairi menyampaikan” pada hari ini adalah kegiatan penyemprotan disfansarapasi gabungan, antara Kodim 1004/ktb, Lanal kotabaru, dan Polres kotabaru.

“Untuk itu, Kodim 1004/ktb sendiri menurunkan 100 anggota personil di seluruh jajaran dikecamatan -kecamatan yang ada di kabupaten kotabaru, hari ini adalah hari pertama yang kita laksanakan secara masif. kami lakukan berturut turut, mulai hari ini besok hingga lusa.

“kita laksanakan mulai dari kantor Samsat kotabaru, kemudian Terminal, dan pelabuhan penyeberangan Ferry Stagen. dan kita juga akan melaksanakan penyemprotan ditempat-tempat umum atau ditempat ibadah, termasuk pasar swalayan dan pasar tradisional.” ungkapnya.

Agenda berikutnya kita laksanakan sosialisasi bersama Polres Kotabaru, Lanal kotabaru dan termasuk unsur tugas lainnya. kita menghimbau kepada masyarakat agar tidak panik, hindari kerumunan, dan menjaga jarak sosial antara personil dengan personil lain. untuk mencegah penularan virus Corona (Covid-19).” tutupnya.

Dalam kesempatan itu, Palaksa Mayor laut (P) Widi Susanto menambahkan, seperti yang kita ketahui saat ini, bahwa kabupaten kotabaru paling banyak lewat laut. bagi orang yang baru masuk kewilayah melalui jalur laut, udara, akan kita lakukan penyekatan dari pelabuhan.

“Apa yang telah saya sampaikan untuk masuk kewilayah kotabaru dengan melalui jalur laut maupun udara, pada hari ini kita fokuskan untuk melakukan penyemprotan,” ucapnya.

Pada kesempatan kali ini kami dari Lanal kotabaru menurunkan anggota sekitar 45 personil dalam membantu kegiatan Kodim 1004/ktb, untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19. dengan melakukan penyemprotan diwilayah pelabuhan Stagen, khususnya di Fery penyeberangan.

“Bahkan kita sudah menekankan kepada masyarakat guna menjaga maritim agar lebih sadar akan bahaya virus Corona Covid-19 ini, dan hampir di semua kapal-kapal Fery ada penyemprotan, terutama untuk kegiatan masal, kemudian untuk kapal nelayan, dan kapal KM. para agen, para owner juga telah melakukan penyemprotan secara mandiri untuk ABK kapal.

Untuk orang asing tidak diperbolehkan turun untuk bereaksi dengan masyarakat, untuk keperluan ABK mereka bisa menuju agen dan berkordinasi dengan Syahbandar,” tuturnya.

Harapan kami adalah, dengan melakukan penyemprotan ini agar bisa terhindar masuknya virus Corona dari luar. dan mensterilkan keuangan dan pasilitas kapal yang ada disini, dan kita berharap semua penduduk masyarakat kotabaru, khususnya Indonesia supaya bebas dari serangan virus Corona (Covid-19).” tandasnya.

Kemudian Polres kotabaru yang di wakili IPDA Mujiyanto menyatakan, kami dari Polres Kotabaru sudah menghimbau kepada masyarakat kotabaru, dan sudah bersosialisasi bersama Kodim 1004/ktb dan Lanal kotabaru. Polres Kotabaru bersama Kodim 1004/ktb, Lanal kotabaru setiap malam selalu keliling mulai jalur tempat-tempat keramaian seperti siring laut, taman kota, hingga sampai ketempat orang banyak berkumpul.

“kami tetap kami menghimbau agar tidak berkumpul, dan lebih baik dirumah. karena itu pencegahan yang sangat luarbiasa, dan paling mudah sebetulnya kita tinggal di rumah. itu sudah menyelamatkan diri keluarga menyelamatkan kotabaru, dan menyelamatkan Indonesia.” ujarnya.

Kami semua anggota yang terlibat berjumlah sekitar 500 personil, semua terlibat di seluruh kecamatan dan didesa-desa.(spi/riz)