Tampil Stylish Dengan Masker Kekinian

342

        Sinarpagiindonesia.com – Selain mengurangi risiko penularan Covid-19, penggunaan masker kain kini juga menjadi semacam pernyataan sikap, bahkan menjadi bagian dari busana yang dipakai.

Presiden Perancis Emmanuel Macron memilih masker berwarna biru gelap yang senada dengan dasi dan jas yang dipakainya saat mengunjungi sebuah sekolah dasar. Masker polos dengan tali putih tersebut terlihat unik karena memiliki bendera Perancis kecil yang terbuat dari pita di bagian pinggirnya.

Presiden Slovakia, Zuzana Caputova dalam beberapa kesempatan juga memilih masker berwarna sama dengan gaun yang dipakainya. Beberapa tokoh penting lain juga tidak sekadar memakai masker kain, tapi juga memilih beragam motif. Misalnya saja juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, yang sering tampil dengan masker motif batik.

Desain masker yang kini beraneka warna dan motif atau gambar menjadi semacam media menyampaikan sikap seperti halnya kaus. Bagi pecinta kucing misalnya, masker dengan ilustrasi kucing yang lucu menjadi pilihan.

Setiap orang bisa memilih masker dengan desain dan motif sesuai kepribadiannya. ”Masker akan menjadi aksesori kesehatan yang tidak hanya penting tetapi juga menambah penampilan tambah keren,” kata Editor Eksekutif Mode dan Kecantikan di majalah Bazaar, Harper, Avril Graham.

Bahkan, lanjut Graham, bisa jadi nanti akan ada masker dengan penggunaan yang berbeda. Seperti masker glamor yang khusus dipakai di acara-acara penting yang menjadi bagian dari aksesori busana resmi.

Sejumlah seniman juga menciptakan masker dengan bentuk dan desain di luar standar. Beberapa desain itu dipamerkan dalam Pekan Mode Masker di Vilnius, Eropa Utara.

Masker ciptaan mereka itu tampaknya tak sekadar mencegah droplet tetapi juga untuk jadi pusat perhatian. Misalnya saja masker hitam dan besar berbentuk paruh burung.

Nah, masker motif apa yang menjadi favorite kalian? (spi/lka)