KPU Lampura Mengikuti Peluncuran Tahapan Pemilu Serentak 2024 Secara Virtual

Lampura,sinarpagiindonesia.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Utara mengikuti peluncuran tahapan pemilu serentak 2024 yang digelar KPU pusat secara virtual, Selasa (14-6-2022) malam.

Kegiatan itu dibuka Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mewakili Presiden Joko Widodo. Dalam sambutannya, Tito mengatakan, pemerintah, DPR, DKPP bersama seluruh penyelenggara pemilu telah sepakat, tahapan pemilu dimulai pada 14 Juni 2022.

Menurut Tito, Presiden menyatakan secara tegas mendukung seluruh tahapan pemilu dan pilkada yang sudah ditetapkan, yang tahapannya dimulai Juni 2022 hingga pemungutan suara pada 14 Februari 2024 dan pilkada serentak November 2024.

“Pak Presiden meminta kepada Kemendagri, Polri, dan jajaran pemerintah daerah (pemda) untuk memberikan dukungan penuh kepada KPU dan jajarannya,” tegas Tito Karnavian.

Sementara itu, Ketua DPR-RI, Puan Maharani mengapresiasi peluncuran tahapan pemilu yang tepat waktu. KPU dan jajaran diminta untuk mengevaluasi kinerja dilapangan dalam penyelenggaraan pemilu yang akan datang

“Penyelenggara pemilu diminta untuk lebih siap lahir dan batin agar pemilu kedepan akan lebih baik, lancar serta tanpa ada hambatan,” ujar Puan.

Menanggapi intruksi pemerintah pusat, Wakil Bupati Lampura, Ardian Saputra menegaskan pihaknya siap untuk memfasilitasi KPU menjalankan tahapan pemilu.

“Insha Allah pemkab siap mendukung dan memfasilitasi KPU daerah untuk menjalankan tahapan pemilu ke depan,” tandasnya.

Terpisah, Ketua KPU Kabupaten Lampura, Aprizal Ria di sela-sela kegiatan mengatakan setelah tahapan pemilu mulai berjalan, diharapkan seluruh elemen masyarakat dapat berkontribusi serta mendukung untuk menyukseskan kegiatan tahapan pemilu tersebut.

“Kami sangat berharap seluruh elemen masyarakat, begitu juga kawan-kawan jurnalis selaku kontrol sosial dapat mengawal dan mendukung serta menyukseskan penyelenggaraan pemilu tahun 2024 mendatang,” katanya.

Hadir dalam kegiatan, seluruh pimpinan dan perwakilan partai politik, Forkopimda Kabupaten Lampura, serta perwakilan dari seluruh elemen masyarakat setempat. (spi/team/*)

No comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *