Terdampar Pengungsi Rohingnya di Desa Karang Gading Kec Labuhan Deli Kab Deli Serdang

Labuhan Deli,sinarpagiindonesia.com – Minggu (31/12/2023) sekira pukul 05.30 Wib, telah mendarat Pengungsi asal Ronghiya di Desa Karang Gading Kec Labuhan Deli Kab. Deli Serdan, Adapun kronologis kejadian adalah :

Pukul 05.30 Wib telah didapat informasi dari Sdr. Dedi, Kepala dusun 3 Desa Kwala Besar Kec. Secanggang Kab. Langkat bahwa ada 1 (satu) unit kapal yang diduga mengangkut Warga Rohingya dan akan mendarat di seputaran Desa Kwala Besar Kec. Secanggang Kab. Langkat dimana diperkirakan kapal yang mengangkut Warga Ronghiya sebanyak 150 (seratus lima puluh) orang terdiri dari laki-laki dan perempuan serta anak dari warga Rohingya.

Kemudian memurut Dedi (red) sekira Pukul 06.30 Wib, selaku Kadus 3 Desa Kwala Besar bahwa *Kapal yang mengangkut Warga Rohingya terlihat bersandar/mendarat di dekat lampu Pemancar Mercusuar di Pantai Camar Desa Karang Gading Kec. Hamparan Perak Kab. Deli Serdang* yang berbatasan dan di depan Desa Kwala Besar Kec. Secanggang Kab. Langkat.

Namun menurut informasi juga yang diterima asak media bahwa sebelumnya Pada hari Sabtu Jam 19.00 Wib, berdasarkan KETERANGAN dari pengungsi warga Rohingya atas nama Muhamad Zubaid bahwa mereka berlayar menggunakan kapal kayu dari bangladesh menuju ke Indonesia, sampai *di perairan pesisir (mercusuar) desa karang gading Kec. Labuhan Deli* Dan pada keesokan harinya, Minggu ( 31/12/2023 ) sekira pukul 05.30 Wib mereka yang berasal dari Kapal Rohingnya tadi mendarat di tepi pesisir Pantai Desa Karang Gading dan berkumpul menggunakan tenda biru dikarenakan saat ini kapal kayu mereka karam karena bocor di pinggir pantai.

Adapun setelah di cek oleh Aparat Desa yang langsung turun kelokasi bahwa Jumlah Pengungsi Rohingnya ada 147 orang, dengan rincian:
1. Pria Dewasa : 53 Orang
2. Wanita Dewasa : 39 Orang
3. Anak laki1 : 25 Orang
4. Anak perempuan : 30 orang
*Total : 147 orang*

Saat ini para unsur Forkominda sudah di lokasi untuk mengevakuasi warga Rohingya dan untuk kondisi Para Pengungsi Rohingnya Saat Ini adalah didapati ada dalam keadaan sakit berjumlah 5 Orang dan sudah di lakukan pertolongan pertama dengan pengobatan alakadarnya oleh warga di Desa kwala besar kab.langkat. Berdasarkan Laporan anggota FKDM Labuhan Deli wilayah Desa Karang Gading hingga sampai saat ini baru pihak kepolisian Polsek Medan Labuhan yang menangani pengungsi Rohingnya dengan memeriksa siddik jari dan mendata satu persatu nama pengungsi terdampar sementara UNHCR, IOM dan Dinkes baru tiba dan langsung menuju lokasi terdamparnya warga Rohingnya
(spi/koer)

No comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *