8 Kali Angkut Sampah Dalam Sehari,Petugas Kebersihan Lampura Kewalahan

153

Lampura,sinarpagiindonesia.com – Volume sampah di Kabupaten Lampung Utara meningkat drastis selama bulan ramadhan dan pasca idul fitri. Hal tersebut menyebabkan para petugas kebersihan cukup kualahan dan harus mengangkat sampah sampai dengan 8 kali dalam satu hari.

Hal tersebut berdasarkan keterangan Kabid Kebersihan Lingkungan Hidup DLH Lampung Utara Luzirwan Rabu (11/05/2022).

“Iya benar, selama bulan puasa kemarin volume sampah meningkat dan puncaknya adalah saat pasca idul fitri, sehingga kami mengangkat sampah tersebut bisa sampai tiga atau bahkan empat kali selama bulan puasa, yang normalnya hari biasa hanya dua kali dalam satu hari,” pungkasnya.

Ia menambahkan, pasca idul fitri dalam satu hari mobil pengangkut sampah bisa sampai 7 bahkan 8 kali angkut sampah menggunakan mobil truck.

“Sampah yang paling banyak itu berjenis sampah rumah tangga, karena warung-warung yang berada di Jalan Soekarno Hatta, dan Jalan Soedirman banyak yang berjualan sehingga volume sampah sangat tinggi,” katanya.

“Sampai-sampai di samping pasar cinema Kotabumi sangat luar biasa banyak, hampir tidak tertangani,” tambahnya.

Luzirwan menambahkan, total petugas kebersihan adalah 235 orang, yang terdiri dari supir, kenek serta penyapu jalan. Sedangkan armada yang digunakan terdapat 10 kendaraan pengangkut sampah yang beroprasi di wilayah Kotabumi Lampung Utara.

“Rincianya itu adalah, truck kontainer itu berjumlah 4, lalu ada 2 mobil pick up dan ada 4 bentor,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan, tempat sampah yang berlokasi di pasar Kotabumi sudah dikukan pengangkutan oleh petugas, sehingga tidak terjadi penumpukan.(spi/biro/*)