Sebanyak 55 Orang di Lampura Positif Terkena HIV/AIDS


Lampura,sinarpagiindonesia.com – Sebanyak 55 orang di Lampung Utara positif terkena HIV/AIDS di Lampung Utara di tahun ini. Demikiam disampaikan oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Lampung Utara, Dian Mauli, Minggu (4/3/2023).

“Tahun ini, penderita HIV/AIDS Lampung Utara berjumlah 55 orang,” ucap dia.

Para penderita HIV/AIDS ini didominasi oleh kaum laki-laki dengan jumlah 41 orang. Adapun penderita HIV/AIDS berjenis kelamin perempuan berjumlah 14 orang. Kebanyakan penderita ada di usia produktif. Para penderita itu berusia mulai dari 14‎ tahun hingga 49 tahun.

“Yang termuda, berusia 14 tahun dengan jenis kelamin perempuan,” ujarnya.

Dikatakannya lagi, para penderita itu tersebar di sejumlah kecamatan. Namun, kebanyakan dari mereka ini tertular saat mereka bekerja di luar Lampung. Setelah positif terjangkit penyakit tersebut, mereka baru pulang ke kampung halaman.

“Penyebabnya adalah hubungan seksual yang tidak aman,” jelasnya.

Dian juga mengatakan, dua penderita HIV/AIDS meninggal dunia pada tahun lalu. Keduanya berasal dari Kecamatan Bukitkemuning dan Kecamatan Kotabumi. Sementara mengenai jumlah ODHA Lampung Utara yang telah ditemukan pada tahun 2023 saat ini berjumlah empat orang.

“Dua laki-laki, dan dua perempuan yang ditemukan positif pada tahun ini,” kata dia.

Sebagai langkah pencegahan penularan, kata dia lagi, Dinas Kesehatan masih terus melakukan langkah antisipasi dan juga mobile VCT atau Voluntary Counseling and Testing serangkaian tes untuk mengetahui apakah seseorang itu positif atah negatif mengandung HIV. ‎

“Mobile VCT yang di antaranya dilakikan di lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan,” ucapnya.(spi/team/*)

No comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *