Bupati Lampung Utara H,Budi Utomo S.E,M.M,Bersama Forkopimda Lampung Utara Melaksanakan Sholat Idul Adha 1444,H


Lampung Utara, www.sinarpagiindonesia.com –¬†Bupati Lampung Utara H. Budi Utomo S.E, MM, bersama Forkopimda Lampung Utara melaksanakan Sholat Idul Adha 1444 H/ 2023 M, bertempat di halaman Pemda Lampung Utara, Bertindak selaku Bilal Admad Saibani S.Ag, Imam Hoiri S.Ag dan Khotib Drs. H. Budi Cipto Utomo. Kamis 29/6/2023.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Lampung Utara H. Budi Utomo S.E, MM, Dandim 0412 Lampung Utara Letkol Inf Heri Eko Prabowo, Ketua DPRD Lampung Utara Wansori SH, Kapolres Lampung Utara AKBP Kurniawan Ismail, SH, S.I. K, M.I.K, Kakimal Lampung Letkol Mar Herman Sobli, A.md, Sekda Lampung Utara Drs. Lekok. MM, Plh. Kemenag Lampung Utara H. Inang Sukarman M.pdi, Para Staf Ahli Bupati Lampura, Para Asisten Pemkab Lampura, Para Kepala Dinas/ Badan/Bagian Pemkab Lampura serta masyarakat Lampung Utara.

Bupati Lampung Utara H. Budi Utomo dalam sambutannya mengatakan, puji syukur kita kepada Allah SWT di pagi yang penuh kebahagiaan ini. Perkenankan saya selaku Pemerintah Daerah untuk menyampaikan beberapa hal pertama berdasarkan hasil sidang isbat Pemerintah telah menetapkan Idul Adha 1444 Hijriyah jatuh pada hari ini hari Kamis 29 Juni 2023, sedangkan Pemerintah Arab Saudi menetapkan jatuh pada hari Rabu tanggal 28 Juni 2023. Sehingga ada sebagian dari warga masyarakat kita yang sudah melaksanakan Sholat Idul Adha pada hari kemarin perbedaan sholat Idul Adha ini tentu sudah bukan suatu hal yang perlu diperdebatkan lagi karena ditahun-tahun lalu juga telah sering terjadi yang demikian dan hal ini tidak pernah menjadi pengganggu harmoni dalam kehidupan di masyarakat.

Dalam sejarah Islam perbedaan penentuan tanggal awal bulan ini bahkan juga pernah terjadi di zaman khalifah Muawiyah dimana antara Madinah dan Syam terjadi perbedaan hari awal bulan di Madinah awal bulan jatuh pada hari sabtu sedangkan Islam awal bulan jatuh pada hari Jum, at hal ini terjadi karena dasar penentuan tanggal Hijriyah adalah melihat posisi bulan dan di setiap wilayah terdapat perbedaan posisi bulan jika antara Madinah dan Syam yang hanya berjarak 1.120 KM saja bisa terjadi perbedaan apalagi dengan Negara Indonesia dan Arab Saudi yang jaraknya lebih kurang 7900 KM.

Dan kemudian yang kedua pada kesempatan yang baik ini saya atas nama pribadi dan keluarga serta atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Lampung Utara jika ada kehilapan, kesalahan dan mungkin telah kami lakukan sebagai manusia biasa tentu kita tidak lepas dari perbuatan khilaf dan salah, mari kita jadikan momentum Idul Adha ini untuk meningkatkan semangat berkurban dalam mendukung dan melaksanakan pembangunan serta pemulihan ekonomi nasional dan ekonomi daerah di Kabupaten Lampung Utara.

Oleh karena itu, saya berpesan kepada seluruh masyarakat Lampung Utara untuk tidak mempertentangkan dan menjadikan koloni adanya perbedaan ini tetapi justru menjadikannya sebagai proses untuk memperluas pengetahuan dan pemahaman sehingga dapat menerima perbedaan yang dilandasj dengan rahmat dan persaudaraan dengan sikap bijak penuh toleran saling menghargai dan menghormati.

Selesai Sholat Idul Adha Bupati Lampung Utara H. Budi Utomo S.E, MM dilanjutkan dengan ramah tamah sekaligus penyerahan Hewan Qurban berupa satu ekor sapi kepada Plh. Kemenag Lampung Utara H. Inang Sukarman m.pdi di Halaman Masjid An- Nur Pemkab Lampung Utara. Pungkasnya.

(spi/as)

No comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *