Mayjen TNI GADUNGAN di Amankan Provos Kodam I/BB


Pria mengaku berpangkat Mayjen TNI ini diamankan Provost Kodam I/BB lantaran hendak bertemu dengan Kasdam 1 Bukit Barisan untuk mengurus seseorang masuk menjadi Taruna Akmil dan Calon Tamtama TNI Angkatan Darat,Demikian disampaikan Kapolrestabes Medan Kombes Pol Teddy Jhon Sahala Marbun

Penangkapan pria mengaku TNI tersebut,kata Kapolrestabes berawal saat Jarianto mendatangi Kodam 1 Bukit Barisan mengaku sebagai anggota TNI berpangkat Mayjen dan hendak bertemu Kasdam.

Saat itu,anggota Provost Kodam 1 Bukit Barisan tidak langsung mempercayainya. Setelah ditelusuri, ternyata Jarianto masyarakat sipil dan langsung diamankan.

Tujuan Jarianto untuk menemui Kasdam agar bisa mengurus seseorang masuk menjadi taruna Akmil dan calon Tamtama TNI Angkatan Darat,” ujar Teddy saat konferensi pers di Polrestabes Medan, Jumat lalu (26/4/2024).

Lanjut Kapolrestabes ,pelaku menjalankan aksi nekad nya memanipulasi kolom pekerjaan di kartu tanda penduduknya (KTP). Dari awalnya pekerjaan wiraswasta dirumah Tentara Nasional Indonesia (TNI).

“Cara tersangka merubah status identitas pekerjaan tersebut dengan menscan dan status pekerjaannya. Kemudian tersangka juga menggunakan KTP yang sudah diedit oleh tersangka untuk membuat SIM A di Satlantas Polresta Riau,” urai Kombes Teddy.

Berdasarkan pengakuannya, Jarianto baru pertama kali melakukan aksinya. Namun tidak berhasil. Kini ia ditahan di Polrestabes Medan untuk proses hukum lebih lanjut dan Jarianto disangkakan Pasal 263 Ayat (1) dan 2 KUHPidana tentang Surat Palsu. Ancaman hukumannya penjara 6 tahun,”tandas Kapolrestabes Medan.(spi/red)

Sumber : kompas.com

No comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *