Bupati Dairi Buka Seminar Pendidikan dan Kebudayaan Pakpak

Dairi,sinarpagiindonesia.com – Bupati Dairi DR Eddy Keleng Ate Berutu secara resmi membuka kegiatan seminar Pendidikan dan Kebudayaan Pakpak. Kegiatan dilaksankan di Gedung Balai Budaya Pemkab Dairi Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Senin (12/12/2022).

Dalam sambutannya Bupati Dairi mengatakan, Kelompok Kerja Pelestarian dan Pengembangan Budaya Daerah (KKPPBD) merupakan Kelompok Kerja yang berdiri dengan visi misi untuk melestarikan dan pengembangan budaya di Daerah, yaitu Kabupaten Dairi tercinta.

“Seminar dengan Tema “Kebudayaan sebagai Penyelaras Pendidikan dan Generasi Muda Berkarakter” dilaksanakan atas dorongan kecintaan terhadap budaya dan daerah kita tercinta,” kata Eddy Berutu.

Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang pluralis, dengan berbagai macam tradisi, adat-istiadat dan keragaman budaya. Namun seiring dengan masuknya teknologi dan informasi global, kebanggaan akan memiliki budaya tersebut mengikis.

Pergeseran budaya tradisi menuju budaya global ini dirasakan hampir di seluruh aspek kehidupan.

Generasi muda merupakan tonggak berlangsungnya sebuah negara, sehingga generasi muda harus bisa menjaga dan mencintai budaya yang ada.

Jangan sampai di era yang serba digitalisasi dan modern ini mengakibatkan anak muda lupa akan prinsip dan kebudayaan tanah air. Oleh karena itu, diperlukan penyegaran pembelajaran ilmu budaya dilingkungan sekolah dan masyarakat untuk menganalisis dan mengemas kembali wujud tersebut dan menjadikan karakter yang diperlukan.

Indonesia harus terus menerus melakukan perbaikan di semua elemen untuk menjadi suatu negara yang maju, Indonesia harus melakukan perbaikan antara lain proses pengambilan keputusan yang demokratis, penerapan kebijakan yang berbasis ilmu pengetahuan, pembangunan SDM dan budaya, penguatan innovation driven economy, penerapan alokasi sumberdaya yang berkeadilan, pertumbuhan ekonomi antar wilayah yang seimbang, serta penegakan supremasi hukum.

“Oleh karena itu, menjadi bangsa yang maju dan berkarakter adalah keinginan kita semua dan dapat diwujudkan dengan mengimplementasi budaya dalam pembentukan karakter generasi muda,” ucapnya.

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama dan merupakan suatu pola hidup yang bersifat kompleks, abstrak dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif, perilaku yang baik disandingkan dengan kecerdasan pendidikan akan melahirkan generasi yang baik.

Seperti tema yang diangkat oleh KKPPBD ini merupakan isu yang tepat untuk di bahas dan di sampaikan kepada generasi muda khususnya di Kabupaten Dairi.

Saat ini menjadi seorang yang berkarakter sangat diperlukan.

Seseorang dapat dikatakan berkarakter jika telah berhasil menyerap nilai dan keyakinan yang dikehendaki masyarakat serta digunakan sebagai kekuatan moral dalam hidupnya dengan landasan hakekat dan tujuan pendidikan.

Maka dari itu Mewujudkan generasi muda yang cerdas dan berkarakter bisa dilakukan melalui pendidikan, baik pendidikan formal, informal dan non formal.

“Contoh kegiatan seminar pada hari ini mengajarkan proses sosialisasi dan kegiatan-kegiatan positif untuk mencerdaskan anak bangsa,” sebutnya.

Eksistensi suatu bangsa sangat ditentukan oleh karakter yang dimiliki. Jika karakter bangsa tersebut memang baik, maka hal itu akan terasa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sehari-hari. Oleh karena itu kebudayaan sebagai penyelaras pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk di kembangkan untuk kemajuan sebuah daerah bahkan juga kemajuan sebuah bangsa.

“Saya atas nama pemerintah daerah Kabupaten Dairi mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada KKPPBD, saya berharap kegiatan semacam ini dapat terus ditingkatkan untuk mengingatkan pentingnya menjadi Generasi Muda yang berkarakter,” ungkapnya.

“Apa yang terjadi hari ini adalah impian nenek moyang kita kemarin, dan tugas kita adalah membangun impian untuk generasi muda yang akan datang,” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kadis Pendidikan Fatimah Boang Manalu, Kadis Parbudpora Rahmatsyah Munthe, pengurus KKPPBD Dairi, tokoh masyarakat, Tokoh Adat, PB LKP Wahidin Lingga, Mahasiswa STAIS, Ormas Gema Suak Pegagan, Gema Sicikecike, Paguyuban Pujakesuma dan PWS.(*spi/red*)

No comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *