16 Siswa SMAN I Parbuluan Kabupaten Dairi Lulus Ke Perguruan Tinggi Dairi Jalur SNBP


Dairi,sinarpagiindonesia.com – Sebanyak 16 Siswa/i SMAN 1 Parbuluan Kabupaten Dairi lulus Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBT) diterima menjadi calon mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri di seluruh belahan nusantara.

Kepala Sekolah SMAN 1 Parbuluan Kabupaten Dairi, Elmus Situmorang S.PD MSI, kepada Sinar Pagi Indonesia, Selasa (11/4) diruang kerjanya menguaraikan jika pada tahun 2023 ini jumlah kelulusan siswanya ke PTN melalui jalur SNBP mengalami kenaikan jika dibanding tahun 2022 lalu.

“ tahun lalu siswa SMAN 1 Parbuluan lulus SNBP berkisar 11 orang, tahun 2023 ini ada 16 siswa. itu artinya ada kenaikan sebanyak 5 orang jika dibanding tahun lalu” ujarnya.

Ketika ditanya tentang peluang siswanya lulus ke SNBT? Elmus Situmorang berharap agar siswanya lebih banyak lagi lulus karena menurutnya, setiap tahun kelulusan siswanya diterima ke PTN jumlahnya lebih banyak dari ujian SNBT ketimbang SNBP, ujarnya.

Ketika ditanya metode apa yg diterapkannya agar siswanya banyak lulus dan diterima di Perguruan Tinggi Negeri, seperti mengadakan les tambahan kepada murid pada sore hari?

Elmus Situmorang menjawab tidak melakukan belajar les tambahan kepada siswanya karena minimnya kemampuan keuangan orang tua siswa yang rata rata petani.

Kendati demikian, Kepala Sekolah SMAN 1 Parbuluan ini mengatakan ada juga orangtua yg mampu memasukkan anaknya les sore ( bimbingan) ke kota Sidikalang, ujarnya.

Ketika ditanyakan minat siswanya melanjut kuliah ke Perguruan Tinggi? Elmus Situmorang menilai minat siswanya memperoleh pendidikan ke Perguruan Tinggi sangat tinggi namun kemampuan orang tua tadi itu yang bikin mereka tidak melanjut dan memilih ke dunia kerja di kota kota lain, ujarnya (spi/ginting)

No comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *