Praktek Project Suara Demokrasi,Murid SMP 2 Siempat Nempu Hulu Kabupaten Dairi Lakukan Pemilihan Ketua OSIS

Dairi,sinarpagiindonesia.com –Sejalan dengan kurikulum Merdeka yang telah diterapkan oleh Pemerintah kepada setiap sekolah, Kamis(31/8) murid SMP N 2 Siempat Nempu Hulu Kabupaten Dairi melakukan pemilihan pengurus OSIS layaknya bagai pemilihan umum.

Saat sebelum pencoblosan kertas suara, satu persatu murid dipanggil panitia selanjutnya memasuki bilik suara untuk memberikan hak suaranya kepada kandidatnya.

Yang membuat riuh gembira suasana adalah disaat penghitungan suara di TPS, suara 4 kandidat satu persatu kertas suara dilakukan penghitungan didepan 4 saksi dari masing masing calon, sehingga suasana ini mirip seperti layaknya Pemilu.

Kepala Sekolah SMP N 2 Siempat Nempu Hulu Kabupaten Dairi, Drs.Elisman Sitinjak kepada SPI menjelaskan jika kegiatan itu adalah praktek Project suara demokrasi.

Disebutkan, tujuan kegiatan yang dimaksud untuk membelajarkan siswa/i didalam pelaksanaan demokrasi sejak dini “ jika mereka nanti sudah dewasa mereka sudah mengetahui pelaksaan demokrasi itu untuk apa”

Dijelaskan lagi, sebelum dilaksanakan pemilihan di TPS, para kandidat yang bersaing telah menyampaikan visi misi dan melakukan kampanye masing masing dilingkungan sekolah.

“ dengan demikian, mereka sudah mengetahui siapa kandidat yang dipilih memiliki kwalitas tanpa melakukan money politik demi kemajuan negara ini, ujarnya.

Didalam kegiatan kurikulum merdeka, kata Elisman Sitinjak ada salah satu poin yang namanya project suara demokrasi, ujarnya mengakhiri pembicaraan ( spi/Ginting )

No comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *